Jumat, 02 Juli 2010

Strategi Marketing Produk Pond’s


Dalam menjaga persaingan dan terus mempertahankan pangsa pasar, setiap produk tidak terkecuali Pelembab Pond’s White Beauty dan perusahaan harus terus dapat meningkatkan kualitas produk dan ekuitas merek (brand equity). Kondisi ini disamping sebagai upaya pengembangan pasar, juga sebagai nilai daya saing terhadap produk-produk baru yang muncul tidak terduga. Karena itu brand equty yang meliputi loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas merek dan kesan merek harus tetap diciptakan dalam mempertahankan dan meningkatkan
keputusan pembelian konsumen. Artikel ini mengetengahkan strategi marketing yang dilakukan PT. Unilever Indonesia dalam produk Pond’s dengan menciptakan problem recognition pada pangsa pasar Indonesia. Research & Consulting yang dilakukan pada tahun 2007, menunjukan bahwa remaja berusia 13-18 tahun memang mengetahui dan menyukai produk Pond’s. Informasi yang diperoleh dari survei yang dilakukan terhadap 1,000 orang remaja putri tesebut memaparkan bahwa 40% menyatakan mengetahui tentang produk Pond’s dan sebanyak 18% menyatakan menyukai merek Pond’s. Menanggapi hasil survei tersebut manajemen Unilever Indonesia mengungkapkan sesungguhnya formula Pond’s (pembersih dan pelembab) memang tepat untuk karakter kulit remaja di Indonesia yang merupakan daerah tropis, sehingga cenderung berminyak. Melalui strategi promosinyaPond’s mencoba mengaktifkan pengenalan masalah kepada remaja putri mengenai pentingnya menjaga dan merawat kecantikan kulit sejak dini. Karena dengan berawal dari memiliki kulit yang cantik, dianggap akan menambah rasa percaya diri remaja sehingga mereka merasa bahwa eksistensi mereka diakui, contohnya seperti diterima dan lebih percaya diri dalam pergaulan, lebih optimis dalam mencapai prestasi gemilang, serta yang paling indah di masa remaja adalah dapat menarik perhatian lawan jenis dan mendapatkan cinta. Cerita cinta (romance) adalah topik yang sangat relevan dalam kehidupan remaja. Karena itu, apabila diperhatikan dengan seksama di iklan- iklanPond’s ada sisipan pesan emosional yang berhubungan dengan romantika atau cinta agar menjadi lebih relevan terhadap audience-nya yang memang merupakan remaja. Secara positioning Pond’s (pembersih dan pelembab) berada pada target market remaja putri yang belum independent secaraincom e, sehingga harganya pun mempunyairange yang pas terhadap setiap income level (mass maupun semi-premium). Dalam artikel disebutkan bahwa kunci sukses Unilever Indonesia pada setiap produknya adalah selalu berpicu kembali terhadap kebutuhan konsumen, dan up date
dengan cara-cara baru dalam menggapai konsumen. Remaja Indonesia khususnya remaja putri mempunyai karakteristik kulit yang berbeda dengan wanita di negara-negara Eropa atau Amerika. Kecenderungan remaja mempunyai kulit yang berminyak Perlu memahami pentingnya perawatan kulit dalam meningkatkan kepercayaan diri. Menjawab kebutuhan tersebut, pihak uniliver meluncurkan produkPond’s menawarkan produk dengan fungsi yang dapat mempertahankan kelembaban kulit tanpa membuatnya menjadi berminyak, membuat kulit lebih bersih dan cerah.

1. Desired State

Remaja putri ingin senantiasa tampil cantik. Mengapa ingin cantik? Kecantikan diyakini oleh remaja putri dapat memberikan rasa percaya diri sehingga dapat memberikan akses kepada mereka untuk dapat lebih berani mengekspresikan potensi mereka dalam mencapai prestasi. Faktor lainnya adalah karena pada usia belia ini remaja putrid sudah mulai mengenal kehidupan romantika atau dengan kata lain mencari solusi bagaimana cara untuk menarik perhatian lawan jenis. Perawatan kecantikan dengan biaya yang dapat dijangkau oleh kalangan remaja. Sebagian besar remaja secara financial masih bergantung pada orang tua mereka, karena masih duduk di bangku sekolah atau kuliah mereka belum bekerja atau memiliki penghasilan.

2. Actual State

Remaja putri mempunyai banyak masalah kulit. Memasuki usia remaja manusia melewati fase biologis berpengaruh pada faktor hormonal, diantaranya berakibat pada berubahnya berubahnya karakter kulit menjadi lebih sensifif berminyak, dan mudah sekali berjerawat. Untuk tampil cantik, memerlukan biaya perawatan yang sangat mahal, sedangkan secara financial mereka masih sangat bergantung pada orang tua.

3. Alternative Solusi

Unilever Indonesia memberikan solusi untuk menjawab masalah tersebut. MenciptakanPond’s yaitu produk perawatan kulit yang memiliki beberapa jenis produk yang sesuai dengan karakter kulit menurut usai konsumen. Untuk pangsa pasar remaja remaja Pond’menciptakan Pond’s Pembersih dan Pond’s Pelembab yang formulanya mengandung vanishing base yang mudah diserap kulit dan sesuai dengan karakter kulit wajah wanita di daerah tropis. Produk tersebut dipasarkan dengan harga yang relatif terjangkau bagi segmenremaja dan proses distribusi dilakukanmenggunakan jalur distribusi Unilever Indonesia sebagai produsencons um ergoods yang telah memiliki jaringan distribusi yang kuat di seluruh Indonesia., sehingga produkPond’s mudah didapatkan di mana-mana dengan harga yang terjangkau.

4. Karakteristik Produk

· Memiliki harga range yang pas untuksetiap level income.

· Dijual dalam kemasan yang menarik,higienis dan tersedia dalam beberapa pilihan kapasitas/volume

· Tersedia dalam beberapa pilihan produk yang disesuaikan dengan jenis kulit konsumen Produk Pembersih Pond’s : Anti- bacterial facial scrub, Perfect care shake clean, White beauty facial foam, White beauty milk toner, White beauty shake clean. Prouduk Pelembab Pond’s: Oil control lightening moisturizer, Ponds white beauty detox FormulaPond’s mengandung Solusi Pengendalian MinyakPond’s dengan Vitamin B3nya, bahan pengurang minyak, triclosan dan tabir surya membantu mengurangi dan mengendalikan kelebihan minyak pada kulit anda. Produk ini juga membantu untuk menghidupkan kembali sel-sel mati dan mencegah timbulnya jerawat sehingga anda dapat tampil segar setiap hari. Sedangkan dalam Produk Pemutih KulitPond’s bukan hanya sekedar menjadikan kulit wanita menjadi putih, namun juga membuat kulit berkilau cerah. Pond’s White Beauty memiliki vitamin B3, B6, E dan C sebagai penghilang racun, yang menetralisir noda-noda penyebab flek hitam,
mengurangi penumpukan zat melanin, sehingga membuat kulit menjadi halus, bersih dan cerah.

Strategi Marketing Strategi promosi yang dilakukan oleh Unilever Indonesia pada ProdukPond’s
adalah: Gencar dalam beriklan dan mengadakan event Activating Problem Recognition, dengan melakukan aktivitas promosi bellow the line maupun above the line. Sekuel iklan untuk membangun brand awareness pasar terhadap produkPond’s dan menciptakan preferensi merek bagi konsumen yang ingin membeli produk kosmetika Pembersih dan Pelembab agar memilihPond’s Membangkitkan emosi konsumen dengan tema cinta. Karena tema cinta dan romantika dekat dengan kehidupan remaja. Differensiasi produk sesuai dengan kebutuhan yang lebih spesifik. ProdukPond’s yang beredar dipasaran pada saat ini adalah: Produk Pembersih Pond’s : Anti-bacterial facial scrub, Perfect care shake clean, White beauty facial foam, White beauty milk toner, White beauty shake clean Prouduk Pelembab Pond’s: Oil control lightening moisturizer, Ponds white beauty detox . Melalui strategi yang dilancarkan tersebut hasil yang didapatkan menurut survey adalah bahwa Pond’s Merupakan produk kosmetik yang paling diminat konsumen dengan pangsa pasar terbesar yaitu 18%. Strategi Promosi Setelah Unilever Indonesia berhasil mengaktifasi problem recognition pada konsumen remaja
Pada saat ini dunia bisnis mengalami perkembangan dan perubahan yang sangat pesat, baik pasar lokal maupun pasar internasional, kemajuan yang pesat diberbagai bidang mendorong munculnya dunia bisnis yang cukup besar. Sehingga pada era globalisasi seperti saat ini semakin banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa sehingga menjadikan persaingan semakin ketat dan seakan tanpa batas, yaitu perkembangan ekonomi yang semakin bebas dimana persaingan dalam pemasaran antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya juga semakin kompetitif.

2 komentar:

  1. Playtech Casinos in Arizona 2021 - Dr.MCD
    The best online ventureberg.com/ casino https://febcasino.com/review/merit-casino/ games 도레미시디 출장샵 at Dr.MCD herzamanindir.com/ kadangpintar If you prefer the traditional slot machines, or prefer games with progressive jackpots, then

    BalasHapus